Informasi merupakan kebutuhan utama setiap orang. Hal itu dibutuhkan oleh banyak orang untuk mengembangkan kepribadian pada lingkungan sosialnya. Atas dasar informasi banyak hal yang tercipta, termasuk salah satunya teknologi yang semakin berkembang. Bagian terpenting dalam berkomunikasi adalah informasi, karena tanpa informasi yang baik seseorang tidak akan mampu untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Apalagi di Era transparansi anggaran seperti saat ini, ditubuh pemerintahan, baik tingkat desa hingga provinsi sudah sepatutnya berani menyampaikan semua hal yang menjadi kinerjanya, supaya semua tau, bahwa kinerja pemerintahan selama ini sudah sesuai dengan perintah undang-undang. Seperti yang dilakukan Desa pangkahkulon, Desa tersebut memasang baliho besar untuk mempublikasikan APBDES 2017.

Setelah meraih prestasi dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gresik dan Tingkat Provinsi Jawa Timur serta menjuarai Lomba Pelayanan Publik dalam program The Sunan Giri Award 2016, Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Sebagai bentuk transparansi pelayanan masyarakat Desa Pangkahkulon pemasangan Baliho besar yang memuat APBDes Desa Pangkahkulon 2017. Dalam Baliho tersebut di sebutkan mulai Pendapatan Desa sampai rencana Belanja Desa.

“Itu kami lakukan adalah dalam rangka transparansi anggaran sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta instruksi dari Menteri Desa dan Bupati Gresik bahwa Desa harus mempublikasikan penggunaan anggaran baik yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana desa maupun Bagi Hasil Pajak”, Kata Ahmad Fauron, S.Sos.I Kepala Desa Pangkahkulon.

Sebagai Desa tempat berkunjung Desa lain, Desa Pangkahkulon mempunyai Kebijakan arah Pembangunan yang partisipatif, sehingga pembangunan lebih tepat sasaran dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung karena masyarakat sendiri yang menentukan jenis maupun program pembangunannya.

Di temui secara terpisah Ketua BPD Pangkahkulon Bapak Fathur Rohman, M.Pd.I mengatakan “Bukan hanya pada perencanaan nanti kami akan mempublikasikan dan melaporkan hasi penggunaan Dana Desa, Alokasi Dana Desa maupun Bagi Hasil Pajak melalui Baliho besar, poster, dan disetiap proyek desa selalu ditandai dengan pemasangan prasasti karena dengan system ini masyarakat bisa mengetahui dan mengawasi anggaran yang di belanjakan oleh Pemerintahan Desa Pangkahkulon dan kami berharap upaya ini dapat menjadi inspirasi untuk desa-desa lain khususnya di Kabupaten Gresik”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *