Mendapat gelar terbaik se-Kabupaten Gresik, disambut warga Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah dengan menggelar hajatan tasyakuran yang diawali dengan pawai aneka jenis hiburan di sepanjang jalan desa.

Kepala Desa (Kades) Pangkah Kulon, Achmad Fauron yang melepas mobil hias sebagai pembuka pawai, mengatakan acara ini merupakan bentuk syukur seluruh warga atas prestasi terbaik yang diraih tahun ini.

“Ini suatu bentuk rasa syukur karena desa kami sudah memenangkan Sunan Giri Award 2016 sebagai Desa Tercepat Pelayanan Administrasinya pada 17 Agustus lalu,” terangnya, Jumat (26/8).

Pawai bertambah meriah karena digelar bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71. “Warga Pangkah Kulon juga berhak merayakan keberhasilan ini. Caranya, tentu saja dengan meramaikan pawai, baik sebagai penonton atau pun peserta. Prestasi ini tidak akan tercapai tanpa dukungan warga kami,” ucap Achmad Fauron.

Pawai sendiri diawali dengan suguhan mobil hias yang diikuti ogoh-ogoh gajah, reog, serta drumband siswa sekolah. Khusus drumb band, diikuti dengan jumlah peserta terbanyak karena mewakili setiap dusun tepat pukul 13.00 WIB.

Kendati cuaca cukup terik, namun barisan pawai yang menyusuri jalan desa, mendapat sambutan meriah warga. Seluruh peserta pawai lantas berkumpul di tengah lapangan dekat kantor desa. Di sini, aneka atraksi ditampilkan. Mulai dari reog, marchingband, tumpeng raksasa dan yang paling di tunggu adalah atraksi ogoh-ogoh gajah.

Achmad Fauron bahkan terlihat larut dengan menaiki patung gajah berangka bambu yang dibalut kain hitam tersebut, bergantian dengan pimpinan perangkat desa yang lain. Masyarakat yang antusias secara spontan juga ikut menari mengikuti irama musik gending dan juga goyangan gajah.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *